Closing Program BRIGHT

Posted: January 30, 2009 in Komunitas

spanduk1

Pustaka Aneuk Nanggroe atau sering dsebut Kanoe NAD melalu Kanoe Daerah Banda Aceh, beberapa bulan belakangan tepatnya sejak bu41lan Mei 2008 bekerja keras melaksanakan suatu perogram bantuan pendidikan. Program bantua pendidikan ini yang berbasis IT merupakan inisiatif dari Rotary Internasional melalui maching grant #59363, Rotary Clob of Jakarta Gambir RID 3400 – Rotary Clob of Seaside Oregon USA RID 5100. Program ini dinamakan BRIGHT – Braiware of the Rotary Initiatives for Greather Human Skill Training, sebuah program pelatihan komputer berbagai level atau tingkatan, dasar, menengah dan lanjutan, dan juga pelatihan berbasis internet dalam tiga level juga dari dasar, menegah dan lanjutan.

Program ini dilapangan sepenuhnya dibawah kontrol teknis Kanoe banda Aceh yang diketuai oleh saudara Ari Fadillah bersama dengan komunitas Kanoe Banda Aceh. Program di m1ulai dengan mendirikan sebuah training center khusus bertempat di SOS Desa Taruna, Paya Umet Long Bata dengan dukungan peralatan dari Rotary sebagai Insiator program.  Selain training center, beberapa Laboratorium pendukun juga di berdayakan dengan mengadakan kerjasam dengan beberapa lembaga lain yang memiliki training center, diantaranya training center RRI Banda Aceh,training center SOS Desa Taruna Lamreng, SD Lambada Klieng di Aceh Besar. Sebelumnya juga Program ini bekerja sama dengan Trade Union Care Center (TUCC), Al Kahfi, Training Center Aceh Jaya, Yayasan Air Putih Banda Aceh.

Dari dua tahapan program ini telha menghasilkan lebih dari 1000 output dalam kurung waktu setahun, melebihi target 800 orang yang dicanangkan dalam perencanaan program, Tahap pertam menghasilkan kurang lebih 260 orang sedangkan tahap kedua mengahsilkan lebih dari 900 orang atau output dari berbagai tingkatan usia. Program diperuntukkan bagi semua kalangan, anak-anak,remaja (sekolah dan putus sekolah),kalangan praktisi (dewasa). Kurikulum juga didasarrkan pada tingkatan pengetahuan awal peserta sebelum mengikuti program. Untuk tingkatan dasar kurikulum disusun untuk pengetahuan dasar komputer dan aplikasi standar, sedangkan untuk menengah dirahkan kepada pengetahuan aplikasi-splikasi yang paling dan sangat dibutuhkan dalam hubu2ngan tingkat kebutuhan peserta. Sedangkan tingkat lanjutan, kurikulum diarahkan kepada penguasaan komputer yang lebih bersifat spesipikasi hardware dan multimedia. Selain itu kurikulum yang berbasin internet juga demikan, tingkat dasar lebih mengarah kepada pengenalan internet, aplikasi dasar berinternet. Tinkatan menengah kurikulum diarahkan kepada bagaimana memebuat blog, forum tata cara kepenulisan dan lainnya, sedangakn tigkatan lanjutan kurikulum lebih ditaknkan kepada bagaiman membangun jaringa, membuat website dan solusi dalam berinternet.

Progam juga sangat menekankan pentingnya peserta untuk menguasai materi untuk diajarkan kembali kepada orang lain disekitar peserta atau bersifat TOT. Dari krikulum yang ditawrkan program, ternyata semua mendapat tanggapan yang besar, terlihat dari antusiasme masyarakat mengikuti proram ini, sehingga waktu yang dijadwalkan akhir November 2008  terpaksa di undur sampe minggu kedua januari 2009.

3Tentunya kerja mengadakan pelatihan untuk 900 orang dalam kurung waktu 5 bulan, membutuhkan energi yang banyak, dan apresiasi positif saya sampaikan kepada rekan-rekan trainer pustaka aneuk naggro banda aceh.

Akhirnya Program secara resmi ditutup di Banda Aceh, yang dihadiri oleh 250 peserta dan undangan. Turut hadir dalam acara penutupan dan  sekaligus memberikan apresiasi dan sambutannya terhadap program ini adalah Wakil Gebernu Nanggroe Aceh darussalam melalui Kepala Dinas Pnedidikan NAD, Vice Presiden Rotary Club Jakarta Gambir RID 3400 (Bapak Vicky S Gunawan), Pimpinan Telkom NAD, Ketua Umum Pustaka Aneuk Naggroe. Juga dihadiri oleh pimpinan Yayasan Airputih Banda Aceh,pimpinan SOS Banda Aceh, Pimpinan Al Kahfi ACeh, dan undangan lainnya.

Pentupan program ditandai dengan penyerahan hasil dari program yang diserahterimakan oleh Ketua Umum Pustaka Aneuk Nanggroe Kepada direktur Pendidikan Luar Sekolah Banda Aceh disaksikan oleh Bapak Vicky Gunawan sebagai perwakilan resmi dari Rotary Club of  of Jakarta Gambir RID 3400 dan Rotary Club Seaside of Oregon USA RID 5100. Hal ini mendai bahwa Rotary sebagai Inisiator program telah menghasilkan sumbangsih nyata bagi kemajuan pendidikan Aceh sekaligus menjadi investasi jangk5a panjang dalam bidang pemikiran bagi masyarakat Aceh.

Pada dasarnya program ditutup tapi bagi Rotary dan pustaka aneuk Naggroe khususya merupakan awal dari kerja jangaka panjang membantu pendidikan Aceh, bahwa benar secara hukum program berakhir tetapi semnagat perogram ini akan tetap dilanjutkan oleh Pustaka Aneuk Nanggro.

Semoga apa yang telah di berikan Rotary dapat dimanfaatkan sebaik-baiknya oleh masyarakat Aceh terutama yang terlibat langsung dengan program. Akhirnya terimakasih tak terhingga kepada :

Rotary International, Rotary Club of Jakarta Gambir, Rotary Club Of Seside Oregon USA. Pemerintah Aceh, Dinas Pendidikan Nangroe Aceh Darussalam, Pendidikan Luar Sekola Banda Aceh,Yayasan Air Putih, SOS Desa Taruna, Telekom Speedy, RRI Banda Aceh, SD Lambada Klieng, Alkhafi, TUCC dan semua pihak yang telah berkolaborasi menyelesaikan program yang tidak bisa dituliskan satu persatu, semoga sumbangsihnya mendapat limpahan rahmat Allah SWT.

OFF

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s